Selasa, 08 November 2011

Management Organisasi Tugas 1




Pengertian manajemen

Kata Manajemen sendiri berasal dari bahasa Perancis kuno menagement, yang memiliki arti melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Misalnya Follet, 1997 mendefinisikan manajemen sebagai suatu seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Nickels, McHugh and McHugh, 1997 mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang sertta sumber daya organisasi lainnya. Dan definisi menurut Ernie dan Kurniawan, 2005 manajemen adalah seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan.

Devinisi manajemen menurut profesor Oei liang Lee adalah sebagai berikut :
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, Mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah diciptakan.
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin. Akan tetapi perlu diperhatikan secara optimal terhadap kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan konsumen. Penanaman modal. Anggota perusahaan (karyawan). Pemerintah, masyarakat dan supplier.
Manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.
Jadi, dapat simpulkan manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Manajemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi tertentu, tapi belum ada konsensus dan kesepakatan apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen. Berikut beberapa fungsi manajemen menurut beberapa orang : 

  1. Ernest Dale: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing, dan Controlling.
  2. George R. Terry: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. 
  3. Henry Fayol: Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling. 
  4. Luther M. Gulick: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgeting 

Organisasi

Organisasi adalah perserikatan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Organisasi dalam arti bagan adalah gambaran skematis tentang hubungan kerja sama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu badan untuk mencapai tujuan 

Organisasi dalam arti dinamis adalah proses penetapan dan pembagian pekerjaan,pembatasan tugas dan tanggung jawab, serta penetapan hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga dapat bekerja dengan efektif untuk mencapai tujuan .

Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. 
 
Bentuk bagan organisasi
  1. Bentuk piramid, bentuk yang paling banyak digunakan karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti. 
  2.  Bentuk vertikal, bentuk yang agak meyerupai bentuk piramid dalam hal pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagian vertikal berwujud tegak sepenuhnya. 
  3.  Bentuk horizontal, bagan ini digambarkan secara mendatar, aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan. 
  4.  Bentuk lingkaran, bagan ini mekekankan pada hubungan antara satu jabatan dengan jabatan lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar